Strategi dan Model Umum Pembelajaran



Dalam pembelajaran mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan banyak alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan . Salah satu pembelajaran yang dapat dan sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah  pendekatan PAIKEM. PAIKEM adalah singkatan dari prinsip pembelajaran: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
a.       Aktif, maksudnya guru berusaha menciptakan suasana sedemikian rupa agar peserta didik aktif melakukan serta mencari pengetahuan dan pengalamannya sendiri.
b.      Inovatif, pembelajaran harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ada, tidak monoton. Guru selalu mencari model yang kontekstual  yang dapat menarik peserta didik
c.  Kreatif, agak mirip dengan inovatif, guru harus mengembangkan kegiatan belajar yang beragam,menciptakan pembelajaran baru yang penuh tantangan, pembelajaran berbasis masalah sehingga mendorong peserta didik untuk merumuskan masalah dan cara pemecahannya.
d.      Efektif, guru harus secara tepat memilih model dan metode pembelajaran sesuai dengan tujuan, materi dan situasi sehingga tujuan dapat tercapai dan bermakna bagi peserta didik.
e.       Menyenangkan, guru harus berusaha dan menciptakan proses pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menyenangkan bagi peserta didik. Dalam proses pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, untuk kelas XI guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

a. Kegiatan Pertama: Membaca

1)    Setiap awal pembelajaran, peserta didik harus membaca teks yang tersedia di buku teks pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
2)    Peserta didik dapat diberikan petunjuk penting yang perlu mendapat perhatian seperti istilah, konsep atau pengalaman seorang tokoh wirausaha Nasional maupun wirausaha lokal yang pengaruhnya sangat kuat dan luas dalam mengembangkan usahanya.
3)    Peserta didik dapat diberikan petunjuk untuk mengamati gambar, foto, video, kasus lain yang terdapat dalam bacaan.
4)    Guru dapat menyiapkan diri dengan membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut melalui internet atau media cetak lain.

b. Kegiatan Kedua: Menanya

1)    Peserta didik dapat dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan apa yang sudah mereka baca dan amati dari gambar, foto, peta, atau ilustrasi lain. Akan tetapi, peserta didik dari dapat juga mendiskusikan isi bacaan itu dalam bentuk tanya jawab kelas.
2)    Peserta didik menuliskan pemahaman mereka dari hasil diskusi dan yang belum mereka pahami dari hasil diskusi.
3)    Peserta didik dapat membuat tulisan singkat untuk kemudian didiskusikan.
4).   Peserta didik dapat diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca dan simpulkan dari kegiatan di atas.
5)    Peserta didik dapat dilatih dalam bertanya dari pertanyaan yang faktual sampai pertanyaan yang hipotetikal (bersifat kausalitas).

c. Kegiatan Ketiga: Ekplorasi Informasi

1)    Guru merancang kegiatan untuk mencari informasi lanjutan baik melalui membaca sumber lain, mengamati dan mempelajari atau mengunjungi lokasi usaha kecil di daerah sekitar/terdekat.
2)    Guru merancang kegiatan untuk mengindentifikasi karakteristik wirausaha yang berhasil dan wirausaha yang gagal pada lingkungan sekitar peserta didik dengan membandingkan antara teori dan praktek yang didapatkan dalam pembelajaran.
3)    Guru merancang kegiatan untuk melakukan wawancara kepada tokoh wirausaha atau praktisi usaha yang dianggap paham tentang permasalahan yang dibahas.
4)    ika memungkinkan, peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari internet atau media cetak lain.
5)    Peserta didik membuat catatan mengenai informasi penting dari apa yang dibaca dan diamati.

d. Kegiatan Keempat : Analisis/Mengasosiasi Informasi

1)    Peserta didik dapat membandingkan informasi dari situasi saat ini dengan sumber bacaan yang terakhir diperoleh dengan sumber yang diperoleh dari buku untuk menemukan hal yang lebih mendalam, meluas atau bahkan berbeda.
2)    Peserta didik menarik kesimpulan atau generalisasi dari informasi yang dibaca di buku dan informasi yang diperoleh dari sumber lainnya.

e. Kegiatan Kelima: Mengomunikasikan Hasil Analisis

1) Peserta didik melaporkan kesimpulan atau generalisasi dalam bentuk lisan, tertulis, atau media lainnya.
2) Peserta didik dapat membuat kesimpulan bersama teman sejawat dalam kelas.